Kesehatan

Vaksin DBD Sudah Dijual Umum di area Indonesia, Tersedia di dalam Rumah Sakit

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Vaksin Demam Berdarah Dengue (DBD) telah dijual secara umum dalam Indonesia serta tersedia di tempat beberapa rumah sakit.

Salah satu vaksin DBD di tempat Indonesia adalah tetravalent dengue vaccine (TDV). Vaksin ini dirancang untuk memberikan pemeliharaan terhadap empat jenis virus dengue sekaligus.

Lantas. apa itu vaksin TDV, bagaimana keamanan hingga persyaratan mendapatkannya? Dikutip siloamhospitals, tetravalent dengue vaccine (TDV) adalah vaksin yang dimaksud dirancang untuk memberikan pengamanan terhadap empat jenis virus dengue, mulai DENV1, DENV2, DENV3, hingga DENV4.

Vaksin ini mengandung virus dengue yang telah dilakukan dilemahkan, sehingga tiada menyebabkan penyakit, melainkan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi.

Mengenal vaksin TDV

Vaksin demam berdarah dengue ini memiliki peran penting di pencegahan demam dengue, teristimewa di tempat daerah-daerah dalam mana virus dengue tersebar luas. Meski vaksin tiada memberikan jaminan total terhadap penyakit, penggunaannya diharapkan dapat menghurangi keparahan gejala serta risiko terkena DBD juga membantu mengendalikan penyebaran penyakit berbahaya ini di tempat masyarakat.

Vaksin tetraavalen ini telah dilakukan melalui rangkaian uji klinis untuk menjamin keamanan serta efektivitasnya. Hasil menunjukkan bahwa vaksin demam berdarah tetravalen aman digunakan pada berbagai kelompok usia, termasuk anak-anak serta dewasa.

Adapun tingkat keberhasilan vaksin tetravalen ini mencapai 80,2 persen. Sementara, tingkat efikasi di mengurangi hospitalisasi akibat virus dengue mencapai 90,4 persen.

Efek samping yang mana muncul umumnya ringan hingga sedang lalu bersifat sementara (1–3 hari), sebagai nyeri atau kemerahan di area tempat bekas suntikan, sakit kepala, nyeri otot, kurang enak badan, lelah, serta demam.

Adapun kriteria penerima vaksin tetravalen ini yakni anak-anak hingga orang dewasa atau merekan yang digunakan berusia usia 6–45 tahun. Sementara, lansia belum direkomendasikan untuk menggunakan vaksin ini.

Vaksin ini juga tidak ada boleh digunakan anak-anak ata dewasa apabila sedang berada di kondisi, seperti sedang demam tinggi, mengalami infeksi akut berat, memiliki gangguan sistem imun atau ibu hamil kemudian menyusui.

Cara Mendapatkan Vaksin Demam Berdarah

Vaksin demam berdarah dengue yang sudah ada ada di tempat Indonesia memberikan harapan baru di upaya pencegahan DBD.

Untuk mendapatkan vaksin demam berdarah pada anak kemudian keluarga, mampu menggunakan layanan vaksinasi demam berdarah pada sebagian rumah sakit. Sebut hanya Siloam hingga RS Eka Hospital. Layanan ini bisa jadi diadakan melalui laman yang digunakan sudah ada ada di dalam rumah sakit tersebut.

Diketahui, dengue fever atau demam dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dimaksud ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini dapat mengalami perkembangan menjadi kondisi kritis juga mengancam jiwa jikalau tak ditangani dengan cepat. Oleh karenanya, vaksin demam berdarah dengue, menjadi kunci preventif di mengempiskan risiko penularan serta dampak penyakit ini.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!