Otomotif

Viral Karena Film Dirty Votes, Feri Amsari Pernah Singgung Mobil yang dimaksud Ditunggangi Jokowi lalu Prabowo, Ada Apa?

Ashevilleglass.com – Nama Feri Amsari mendadak ramai pada media sosial usai tampil pada film dokumenter Dirty Vote yang digunakan menceritakan tentang cara ketiga paslon mengungguli Pemilihan Umum 2024 ini.

Jauh sebelum film ini rilis, ternyata Feri Amsari pernah menyinggung mobil yang dimaksud ditunggangi Prabowo Subianto lalu Presiden Jokowi beberapa waktu.

Hal ini terungkap di sebuah unggahan akun Instagram pribadinya, @feriamsari. Dalam unggahan tersebut, ia menyinggung kendaraan taktis buatan PT Pindad, Maung.

Dosen Universitas Andalas yang dimaksud mempermasalahkan tentang pelat nomor yang mana digunakan pada Maung yang bertuliskan B 2 KPU.

“Ini jelas-jelas menyalahi UU serta aturan lainnya. Apakah ini menunjukan KPU dalam melawan hukum?,” tulis statusnya yang dimaksud diunggah pada Maret 2023.

Kendaraan taktis Pindad Maung memang benar pernah digunakan Presiden Jokowi serta Prabowo beberapa waktu lalu. Namun tidaklah diketahui, apakah mobil yang dimaksud ditunggangi merek menggunakan pelat nomor seperti yang dimaksud disinggung Feri Amsari.

Menteri Perlindungan (Menhan) Prabowo Subianto sopiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggunakan rantis Maung produksi PT Pindad di area Kemenhan, Rabu (18/1/2023). [Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden]
Menteri Keamanan (Menhan) Prabowo Subianto sopiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggunakan rantis Maung produksi PT Pindad pada Kemenhan, Rabu (18/1/2023). [Lukas – Biro Pers Sekretariat Presiden]

Terlepas dari hal tersebut, mobil diproduksi untuk keperluan militer. Namun ada versi yang digunakan juga dapat digunakan untuk warga umum bernama Maung MV2 4×4.

Mobil ini sendiri adalah mobil dengan penggerak empat roda, dengan ukuran ban 35 x 12.50 R17. di tempat dalamnya ditanami mesin diesel dengan daya kurang lebih banyak 136 HP, pada 3.200 RPM, juga torsi maksimum pada 385 Nm pada 2.600 RPM.

Menggunakan transmisi 6 percepatan, suspensi depan dengan jenis independent double wishbone menjadi andalannya. Di sisi belakang, digunakan four link with coilover shock yang digunakan dapat meredam getaran ketika berkendara melintasi berbagai medan.

Dari segi ukuran sendiri, Pindad Maung mempunyai panjang 5.220 mm, lebar 2.010 mm, serta tinggi 1.860 mm. Jarak sumbu roda adalah 3.220 mm, dengan ground clearance 260 mm yang digunakan sesuai untuk melibas berbagai jenis medan, baik off-road atau on-road.

Untuk berat kosong dari kendaraan gagah ini adalah 2.630 kg, dengan kemampuan menahan berat maksimal hingga 3.200 kg. Dalam kondisi tangki substansi bakar penuh, jarak tembuhnya mencapai kurang lebih banyak 600 kilometer.

Related Articles

Back to top button