Otomotif

Wacana Kenaikan Pajak Motor Konvensional Jadi Pro serta Kontra

Ashevilleglass.com – otoritas Indonesia sedang mengkaji kemungkinan untuk meningkatkan pajak motor konvensional. Tujuannya untuk menggalakkan rakyat beralih ke kendaraan yang mana lebih besar ramah lingkungan, seperti motor listrik, juga meningkatkan pemanfaatan transportasi umum.

Namun, wacana ini menuai pro kemudian kontra. Menanggapi wacana tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bahwa kenaikan pajak perlu dikaji ulang oleh sebab itu dapat berdampak pada mobilitas warga lalu roda perekonomian.

“Kami berharap kebijakan-kebijakan pemerintah itu mempertimbangkan sedemikian hal sehingga tidak ada berdampak bagi konsumen,” ujar Thomas Wijaya, Executive Vice President Director AHM, Hari Jumat (9/2/2024).

Dalam hal ini, AHM memahami tujuan pemerintah untuk mengupayakan rakyat beralih ke kendaraan listrik.

Namun demikian, dia mengusulkan solusi alternatif yaitu meningkatkan sarana transportasi umum kemudian menguatkan konektivitasnya dengan kendaraan pribadi.

“Baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum dapat menggerakkan perekonomian. Banyak rakyat yang dimaksud sulit menjangkau transportasi umum, sehingga menggunakan kendaraan pribadi,” tuturnya.

Pasalnya, lanjut Thomas, kendaraan beroda dua motor dipilih oleh sebab itu memiliki bentuk yang mana ringkas sehingga tambahan efisien di melintasi kepadatan lalu lintas.

“Namanya mobilitas, bisa jadi menggunakan kendaraan pribadi bisa jadi juga kendaraan umum. Jadi, bagaimana semua prasarana transportasi mobilitas itu saling melengkapi serta saling memperkuat. Itu yang digunakan kami harapkan,” pungkasnya.

AHM percaya, bahwa solusi yang digunakan komprehensif lalu berkelanjutan perlu dikaji untuk menyokong rakyat beralih ke kendaraan ramah lingkungan tanpa membebani konsumen.

Sebelumnya Menteri Koordinator Lingkup Kemaritiman dan juga Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pemerintah sedang mengkaji rencana untuk meningkatkan pajak kendaraan beroda dua motor konvensional.

Tujuannya adalah untuk memacu masyarakat, agar mau beralih ke kendaraan bermotor yang dimaksud lebih besar ramah lingkungan seperti motor listrik juga memanfaatkan transportasi umum.

Related Articles

Back to top button